Mamminasata: Dulu Rp 10 ribu Sekarang Rp 350 ribu

SEJAK tahun 2008 lalu, Pemerintah Kabupaten Gowa telah mempersiapkan satu kota satelit untuk mendukung pengembangan kawasan Metropolitan Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar). Kawasan yang dipersiapkan adalah Kecamatan Pattallassang.
Namun, dukungan terhadap pengembangan kawasan kota satelit itu tidak hanya di wilayah Pattallassang. Di kota Sungguminasa, Kecamatan
Somba Opu, telah dibangun kawasan Syekh Yusuf Discovery dan pasar tradisional modern.
Kemudian sementara dipersiapkan revitalisasi Balla Lompoa, rumah sakit perempuan dan anak, serta wisata Jembatan Kambara. Khusus Pattallassang dibangun kawasan industri dan lapangan golf bertaraf internasional.
Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo melalui kabag Humas dan Protokol Pemkab Gowa Arifuddin Saeni mengatakan, Kecamatan Pattallassang yang nantinya akan menjadi kota satelit akan dibarengi dengan peningkatan infrastruktur jalan dan sarana lainnya.
Bahkan, Pattalassang telah memiliki lapangan golf yang menjadi salah satu terbaik di dunia. Karena itu, konsekwensi dari pembangunan kota satelit ini, maka harga tanah semakin tinggi.
“Kalau sebelumnya kecamatan ini dijamah dengan pengembangan kota, harganya cuma Rp 10 ribu hingga Rp 25 ribu per meter. Sekarang ini sudah mencapai Rp 150 ribu per meter. Bahkan, ke depan setelah selesainya lapangan golf dan pembangunan kota satelit, harga tanah diprediksi mencapai Rp 400 ribu per meter,” katanya, Kamis (14/10).
Dihubungi terpisah, Camat Pattallassang Fajaruddin membenarkan terjadinya peningkatan harga tanah yang cukup tinggi di wilayah yang dipimpinnya itu. Dalam 2-3 tahun terakhir, katanya, perkembangan pembangunan cukup menjanjikan.
“Di mana tahun 2005 harga tanah poros Jl Tun Abd Razak masih kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu, sekarang ini sudah mencapai kisaran Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu per meter,” ungkap Fajaruddin.
Ia mengaku, dengan menjadikan Pattallassang sebaga kota satelit, tentu saja pemerintah dan masyarakat sangat merespon baik. di daerah ini akan tumbuh dengan industri dan dengan cepat berkembang.
“Apalagi sekarang ini sudah ada lapangan golf, kota idaman, dan sebentara lagi terbangun industri TPA Mammaminasata, kawasan industri. Kesemuanya itu akan mengangkat citra Pattallassang,” jelasnya.(ute)
Tribun Timur, 15-10-2010.

Leave a Reply

Close